Jumat, 07 Oktober 2011

GURUN

GURUN
 
Gurun kering, yang curah hujanya kurang dari 250 mm dalam satu tahun, meliputi hampir seperdelapan permukaan bumi. Tempat terkering di bumi adalah gurun Atachama di Chili, Amerika selatanyang tidak turun hujan selama bertahun-tahun. Meski demikian tidak semua gurun adalah tempat yang panas. Gurun terpanas berada di dekat Ekuator, tetapi di tempat ini bisa sangat dingin di malam hari.
Gurun terluas adalah gurun sahara di Afrika Utara yang melintang sepanjang 5000 km. hanya sekitar 20% gurun di bumi berpasir. Sisanya adalah gurun berbatuyang tertutup oleh semak belukar. Di Gurun Arab terdapat Wilayah bukit pasir terbesar namanya adalah Bukit pasir Rub’al al-khali, yang berarti “bagian yang kosong”.
Oasis
Oasis adalah ‘pulau’ hijau di gurun, sebuah surga bagi pengembara yang haus. Tumbuhan bisa tumbuh bisa tumbuh di tempat ini dengan menyedot air dari sumur atau mata air bawah tanah. Bahkan di bawah gurun sahara banyak air terperangkap jauh dalam lapisan batuan.
Hewan yang Hidup di Gurun
Hewan yang dapat hidup di gurun seperti hewan mamalia antelop, unta, rubah, dan hewan pengerat lainnya. Juga katak gurun yang tinggal didalam lubang hingga datang hujan yang berikutnya
Gurun-Gurun Terbesar
Nama
Tempat
Luas(km2)
Ahara
Afrika Utara
9 juta
Australia
Australia
3,8 juta
Arab
Afrika barat daya
1,3 juta
Gobi
Asia Tengah
1 juta
Kalahari
Afrika Selatan
520.000

Sumber : Tanya & Jawab Bumi Kita, penerbit: Pakar Raya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar